Nikah Isar

Author: AzNa /

NIKAH ISAR

Auzai MAhfudz Asirun, Bs

Belakangan ini mulai ramai dan menjadi buah bibir di kalangan pelajar ataupun pekerja mengenai Nikah Isar, Anda tentu bertanya, apa yang dimaksud dengan Nikah Isar ? Nikah Isar adalah nikah yang sempurna syarat dan rukunnya akantetapi sang istri membebaskan suaminya dari haknya, contohnya : Ada seorang lelaki menikah dengan wanita dan sebelum menikah, wanita itu meminta agar jika nikah nanti suaminya tidak usah membiayai hidupnya, tidak usah meberinya tempat tinggal dan sebagainya, biasanya ini terjadi dikalangan pelajar luar negri yang pulang ke Indonesia untuk menikah dan meninggalkan istrinya di Indonesia karena akan melanjutkan kembali proses belajarnya, ataupun jika si wanita umurnya lebih tua, bisa juga sebagai wanita karir yang memiliki kesibukan penuh. Lalu apa hukum nikah yang demikian ?
Pada hakikatnya nikah yang sah adalah nikah yang sempurna syarat rukunnya dari mulai adanya wali nikah, saksi, dua mempelai, aqad, mahar dan ridho dua pihak. Diperbolehkan dalam Syariat Islam seorang istri untuk membebaskan suaminya dari hak dan tuntutan wajibnya secara syar’i, baik seluruh haknya atau sebagian saja, oleh karna itu hukum nikah Isar adalah Boleh , 
Ini adalah merupakan makna yang terkandung dari ayat Al-Quran : 
( وإن امرأة خافت من بعلها نشوزا أواعراضا فلا جناح عليهما أن يصلحا بينهما صلحا والصلح خير ) النساء 128
Artinya : Dan jika seorang wanita khawatir akan nusyuz atau sikap tidak acuh dari suaminya, maka tidak mengapa bagi keduanya mengadakan perdamaian yang sebenar-benarnya, dan perdamaian itu lebih baik. 
Diperjelas dengan hadis nabi Muhammad SAW, yang menjelaskan tentang pembebasan seorang istri terhadap hak dari suaminya : 
أن سودة بنت زمعة رضي الله عنها زوج الرسول الله صلى الله عليه وسلم لما كبرت وهبت ليلتها لعائشة (متفق عليه)
Artinya : bahwa Saudah binti Zam’ah RA, menikah dengan Rasulullah SAW ketika mencukupi umurnya (besar) memberikan malamnya kepada Aisyah. (HR.Bukhori Muslim)
Maksudnya adalah bahwa sayyidah Saudah membolehkan Rasulullah untuk mendatangi Aisyah padahal malam itu adalah giliran Rasulullah untuk bermalam bersamanya, bahkan Rasulullah menyetujui untuk bermalam dengan Aisyah.
Lebih jelas lagi mari kita simak hadis riwayat Ibnu Abi Syaibah : 
عن عامر أنه سئل عن الرجل يكون له امرأة فيتزوج المرأة فيشترط لهذه يوما ولهذه يومين قال لابأس به
Dari Amir bahwasanya Rasulullah SAW ditanya tentang seorang lelaki yang sudah beristri menikahi wanita lain dan memberi syarat untuk istri yang ini satu hari dan untuk istri yang ini dua hari, Rasululllah menjawab : tidak apa. 
Dengan beberapa dalil di atas kongkritlah sudah tentang hukum nikah Isar, dan yang perlu diketahui adalah bahwa seorang wanita yang membebaskan suaminya dari haknya maka perlu di ketahui alasannya secara jelas agar tidak ada fitnah yang terjadi setelahnya.
Sumber : Mujamma’ Fiqh Islamiy, Sudan 

 

TAFSIR SURAT ALKAFIRUN

Author: AzNa /

*الكافرون
Oleh : Imam Al-Qurthubiy
{قل يا أيها الكافرون، لا أعبد ما تعبدون، ولا أنتم عابدون ما أعبد، ولا أنا عابد ما عبدتم، ولا أنتم عابدون ما أعبد لكم دينكم ولي دين}
Fadilah Surat :
1. H.R. Turmudzi : sama dengan sepertiga quran
2. H.R. Al-Anbari : sama dengan seperempat quran
3. H.R. Jabir bin math’am : bekal selama di prjalanan
Sebab turun ayat : 
1. Ibnu ishaq & Ibnu Abbas :
Walid bin Mugiroh, Ash bin Wail, Aswad bin Abdul Mutollib & Umayyah bin Kholaf menjumpai nabi Muhammad SAW, dan berkata : “ya Muhammad, marilah kita menyembah apa yang kau sembah dan dan kau menyembah apa yang kami sembah, dan kita saling bekerjasama dalam segala hal, dan apabila risalah yang kau bawa benar dan risalah yang kami bawa salah maka kita telah bersama dalam kebenaran itu, begitupun sebaliknya”. Maka datanglah Jibril membawa surat ini,
2. Abu Sholeh & Ibnu Abbas :
Mereka berseru kepada Rasulullah : “jika kau menyentuh (mengusap) sebagian dari berhala kami, niscaya kami akan percaya dan beriman dengan (agama) Mu”, datanglah jibril dengan surat ini
3. Ibnu Abbas :
“Kami akan berikan kamu harta yang menjadikan kamu orang yang terkaya di mekkah, dan kau boleh mengawini wanita yang kau suka, dan kami akan patuh padamu akan tetapi janganlah kau hina lagi tuhan kami, maka kita akan hidup berdampingan dan damai, dan kau menyembah tuhanku setahun akupun menyembah tuhanmu setahun”, turunlah surat ini.

قل يا أيها الكافرون، لا أعبد ما تعبدون، ولا أنتم عابدون ما أعبد، ولا أنا عابد ما عبدتم، ولا أنتم عابدون ما أعبد
Masail :
 ال 
1. للمعهود (janji), janji Allah bahwa mereka akan mati dalm keadaan kafir, dan ال ini juga mengandung.
2. Al-mawardi : lafaz umum yang mengandung makna khusus.
ayat ini sebagai jawaban bagi sebagian orang kafir yang membangkang dan menolak Islam sampai mereka mati.
 القرءات
الأنباري : sebagian riwayat membaca (قل للذين كفروا . لاأعبد ما تعبدون ), susunan ini tidak layak dalam percakapan quran.
 التكرار
1. للتأكيد : mengandung makna penguatan.
2. للتأكيد والافهام : mengandung makana penguatan dan pemahaman, seperti contoh :
Quran : كلا سيعلمون . ثم كلا سيعلمون
Hadis : فلا أذن ثم لا أذن انما فاطمة بضعة مني
Bait : ياعلقمة * خير تميم وأكرمة ياعلقمة ياعلقمة
3. للتأبيد : Selamanya
Karena semua keinginan orang kafir yang ditawarkan kepada nabi ditolak untuk selamanya
4. Pengulangan itu dikarankan orang kafir mengulangi pertanyaan itu berkali-kali
5. للتغليظ :  
"لا أعبد" الساعة "ما تعبدون. ولا أنتم عابدون" الساعة "ما أعبد"
ولا أنا عابد" في المستقبل "ما عبدتم. ولا أنتم" في المستقبل "عابدون ما أعبد"
6. ماضى و مستقبل
ولا أنتم " في المستقبل " عابدون ما أعبد. ولا أنتم" في الماضي "عابدون ما أعبد

{لكم دينكم ولي دين}
Di ayat ini mengandung makna ancaman, seperti : لنا أعمالنا ولكم أعمالكم  
yang bermakna : jika kalian ridho dengan agama kalian maka kamipun ridho dengan agama kami. Makna الدين bermakna balasan. 
Apakah ayat ini sudah di nasakh ?
1. Surat ini sudah di nasahk karena datang sebelum perintah memerangi orang kafir
2. Surat ini tidak di nasahk karna hanya berita 
القراءات
سلام,يعقوب,نصر : ولي ديني membaca dengan ditambah ي 

BELAJAR DARI ELANG

Author: AzNa /

  E L A N G

  Kita masih banyak bisa mengambil pelajaran dari setiap kejadian,setiap pandangan,setiap rasa,bahkan seluruh apa yang ada di alam ini, itulah yang di suruh allah dalam hadisnya:
Tafakkaru fi kholqillah wala tafakkaru fi zhatillah
Artinya ; pikrkanlah olehmu akan mahkluk allah dan jangan memikirkan zat Allah,
 Kutipan hadis di atas mendasar namun dalam,karena kita di tuntut untuk memikir dan terus berfikir,dengan berfikir itu orang bisa mengerti semuanya ,bisa mengerti keadan,bias membaca suasana, dan masih banyak lagi keterangan hadis dan ayat alquran yang menjelaskan tentang itu.
Kita ambil contoh saja satu dari makluk allah yang bisa membawa kita sadar betapa kuasanya allah,yaitu elang siapa yang tidak tahu elang, elang adalah binatang yang gagah bahkan terkesan sangar,ganas, kuat , di takuti oleh binatang lain,melanglang jauh di sana,termasuk rantai makanan tingkat atas dalm ilmu biologi,susah digapai manusia dan hewan, karena tinggi meangkasa,hewanpun banyak yang takut biala melihatnya,kharisma
Akantetapi coba lihat di sisi lain apa bila dia melihat makanan yang menggiurkan dan dia sedang dahaga langsung saja dia menukik (turun) dengan seketika diiringi nafsunya serta syahwat perutnya itu, di belakang itu dia tak tahu bahwa itu adalah pncingan musuhnya yang siap menungunya dan akan meringkus dia,akhirnya diapun terringkus oleh nafsunya sendiri. Elang yang tadinya terhormat, melanglang di angkasa, jauh lebih terhormat,meleleh kegagahannya itu bersujud dibawah makana itu. 
Ta'bir (pelajaran) yang di petik dari hewan ini adalah bagaimana kita menyadari alangkah butanya orang yang ikut kepada hawa nafsunya, tak merasakah kita ketika kita sudah ada di puncak kehormatan atau setandar kewibawaan,tiba tiba ketika kita di hadapkan santapan yang lezat,perut yang kosong tiba-tiba kita tak sadarkan diri tergiur melahap dengan nafsu kita,padahal elang pun bisa turun derajatnya 1000x sebab makanan itu dan terperangka oleh jebakan itu, mudah saja sebenarnya bagaimana kita bisa melihat hawa nafsu orang yang sudah terkendali,lihatlah bagaimana dia jika dihadapan hidangan. Itulah pelajaran agar kita sadar jangan iringi seluruh perbuatan dengan nafsu buata
Mudah mudahan Allah menundukan nafsu-nafsu kita yang menghantui langkah hidup kita ini Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin..







Cucu selong
Malam Sabtu, 25 Februari 2006

CUMBU RAYU CINTA PARA ULAMA

Author: AzNa /

CUMBU RAYU CINTA PARA ULAMA

Auza’i Mahfudz Asirun 


Para ulama yang notabennya adalah manusia biasa, pun, sewajarnya mereka jatuh cinta terhadap lawan jenisnya, dan cara menumpahkan rasa cinta itu bermacam cara, diantaranya adalah dengan cara membuat puisi cinta dan syair cumbu rayu.
Setelah banyaknya tersebar di kalangan penggemar syair cinta, kitab yang berjudul “gazlul fuqoha” yang artinya cumburayu para ahli fiqih, dan banyak lagi yang lainnya kitab yang menceritakan tentang rayuan para ulama terhadap lawan jenisnya, dari sana penulis akan berusaha memaparkan sikap para ulama fiqih tentang syair rayuan atau puisi cinta yang sekarang marak baik dikalangan awam ataupun para masyarakat akademis, apa sih hukum syair cinta yang sering di buat para grup band kita di indonesia ?
Syair cinta itu terbagi menjadi beberapa macam :
1. Syair rayuan kepada pasangan hidup kita seperti istri atau suami, tak ada perbedaan ulama mengenai hukum merayu dengan puisi terhadap istri kita yang memiliki hubungan yang sah, bahkan disunnahkan demi melancarkan dan menambah kemesraan di rumah tangga kita, akantetapi jangan menghabiskan waktu kita hanya untuk itu saja, karena dalam hadis Bukhori Muslim dijelaskan, Rasulullah SAW bersabda : “ lebih bagus mulut kalian dipenuhi muntah dari pada dipenuhi oleh syair ”, maksudnya syair atau puisi yang tidak berfaedah dan menghabiskan waktu menjadi kita lupa terhadap Allah SWT.

2. Adapun bersyair atau berpuisi tentang istri atau suami dimuka umum, sbb :
• Termasuk syair yang dilarang adalah membuat syair yang menceritakan tentang hubungan intim suami istri, dalam hadist riwayat Muslim di jelaskan, Rasulullah SAW bersabda : “termasuk orang yang paling jelek azabnya di hari kiamat adalah orang yang menceritakan tentang hubungan intimnya kepada orang lain”.
• Syair yang menceritakan tentang bentuk badan istri, besar kecilnya yang sekiranya dapat tergambar di pikiran yang mendengarkannya bentuk dan sifatnya, maka ini juga termasuk yang dilarang jika di kemukakan di muka umum, Rasulullah SAW pernah bersabda: “jangan berkumpul para wanita kemudian menceritakan bentuk suaminya sehingga tergambar bentuknya” HR.Bukhori.
• Membuat syair yang menceritakan tentang rindu, cinta, atau sedih karena pisah dengan pasangannya di hadapan orang lain, hukumnya boleh, karena Rasulullah pernah ditanya oleh shahabat, siapa yang paling kamu cintai wahai Rasulullah ? beliau menjawab ‘Aisyah.(H.R.Bukhori)

Ini adalah dalil yang kuat diperbolehkannnya berpuisi dan bersyair dimuka umum mengungkapkan rasa cinta terhadap pasangan hidup kita, di sana juga terdapat syair cinta seorang sahahabat yang terkenal yaitu puisi yang berjudul “banat sa’ad” walaupun sanadnya diragukan bahkan ada yang menghukumkannya munqoti’ (terputus), akantetapi kemasyhuran syair ini menjadi bukti kuat akan keasliannya.

3. Adapun bersyair dan berpuisi tentang cinta kita kepada orang yang bukan muhrim kita dan tanpa ta’yin (tentukan) orangnya, ulama membolehkannya, selama masih terhindar dari fitnah. Di bolehkan juga penggunaan syair cinta untuk contoh dalam mempelajari syair atau bahasa arab, inilah yang tertera dalam kitab ( almugni libnu Qudamah) .

Demikianlah paparan yang sangat singkat yang kiranya dapat memberi masukan akan khazanah keilmuan kita, agar tidak terjebak dan salah serta selalu dalam tuntunan agama kita yang bersih dan terhormat.

metode ujian semester

Author: AzNa /

15 HARI MENCARI NAJAH

الحمد لله رب العالمين ، وصلى الله وسلم على سيدنا محمد وآله وصحبه أجمعين 
اللهم سـدّد وأعـن يا كريم، لا إله إلا أنت. أما بعد
Strategi semasa kuliah berlangsung.....

• Usahakan untuk hadir di setiap muhadhoroh
Jika kita ingin mudah untuk menghadapi ujian, perhatikanlah dosen ketika menjelaskan materi yang dibawakan, karena ketika dosen membuat soal ujian tidak akan jauh dari apa yang beliau paparkan.
• Catat dan rangkumlah apa yang dosen sampaikan
• Jika anda memiliki Mp3, rekamlah apa yang dosen paparkan
Ini sangat mendukung, karena dengan mudahnya tanpa mengulang pelajaran, anda dapat mendengarkan apa yang dosen sampaikan dimana anda suka, dijalan, kasur, kantin dll.
• Masuklah keperpustakaan
Jika anda memiliki waktu luang, seperti dosen tak hadir atau terlambat, waktu luang menunggu pelajaran selajutnya, cobalah gunakan untuk mencari pengetahuan tambahan dari materi yang diajarkan di perpustakaan, ini akan bermanfaat sekali demi memperluas wawasan kita tentang materi dan bermanfaat ketika ujian nanti.
 

Strategi sebelum ujian

Jika waktu ujian sudah dekat apa yang harus kita lakukan ?
• Mengumpulkan catatan atau muzakkiroh
Carilah muzakiroh yang belum kita miliki atau yang belum kita catat, lalu periksalah muzakkiroh anda dan samakan dan periksa dengan catatan kawan kita, karena banyak sekali yang terjebak merasa sudah menguasai materi yang akan di ujikan padahal catatan kurang sempurna bahkan salah
• Cobalah untuk meringkas
Ini tergantung kebiasaan masing-masing, jika lebih mudah diringkas ringkaslah dengan baik.
• Buatlah catatan judul materi dan point dari materi secara menyeluruh
• Hadirlah pada detik-detik terakhir
Hadirlah muhadhoroh yang terakhir, karena biasanya dosen memaparkan yang penting diujian nanti, sprt contoh soal, batasan yang diujikan dll
• Faham atau hafal ?
Jika ingin najah ? faham saja, jika ingin mumtaz? Silahkan anda hafal dan faham, dan juga tergantung pada materi kuliahnya. 
• Aturlah waktu anda
Setiap menit sangat berarti dalam menghadapi ujian, cobalah untuk optimalkan waktu anda 1 bulan untuk mengejar target hafalan anda, mulailah meninggalkan kegiatan anda yang kurang perlu dan penting, dan mulailah untuk mengatur jadwal menghafal anda.
• Bagaimana mengatur jadwal menghafal?
Hitunglah berapa waktu yang tersisa dari tanggal dimulainya ujian, bagi rata dari setiap materi yang diujikan dengan waktu yang tersisa.
• Santai dan refreshing
Ketika anda sedang mengejar target hafalan, sesekali senggangkan waktu anda untuk mendengarkan musik, bercengkrama dengan teman, atau main game tapi jangan terlena.
• Kenali tipikel dosen dari setiap mata kuliah
• Kumpulkan soal-soal tahun lalu
• Jangan pernah mengira-ngira
Jangan pernah memprediksikan soal yang akan keluar, akantetapi hafalkanlah seluruh materi yang diberikan.
• Tidurlah dimalam ujianMu
Jangan terlalu malam tidur dimalam ujian, karena akan membuyarkan konsentrasi kita di pagi nanti.

Strategi dihari ujian berlangsung

• Pagi yang indah untuk muroja’ah
• Tenang dan rilex ketika masuk ruangan ujian
• Periksalah peralatan ujian anda
• Bacalah soal 1-3x
• Mulailah dengan menjawab yang paling mudah
• Jangan pernah menambah jawaban 
• Jangan terburu-buru dalm mengisi soal
• Tamabahkan pengetahuan umum anda dalam lembar jawaban jika dikehendaki
• Sebelum anda keluar ruangan periksa dan bacalah dari awal apa yang telah anda isi dalam lembar jawaban anda.
• Terakhir ........DO’ANYA LAH.. YA AKHIY....