TAFSIR SURAT ALKAFIRUN

Author: AzNa /

*الكافرون
Oleh : Imam Al-Qurthubiy
{قل يا أيها الكافرون، لا أعبد ما تعبدون، ولا أنتم عابدون ما أعبد، ولا أنا عابد ما عبدتم، ولا أنتم عابدون ما أعبد لكم دينكم ولي دين}
Fadilah Surat :
1. H.R. Turmudzi : sama dengan sepertiga quran
2. H.R. Al-Anbari : sama dengan seperempat quran
3. H.R. Jabir bin math’am : bekal selama di prjalanan
Sebab turun ayat : 
1. Ibnu ishaq & Ibnu Abbas :
Walid bin Mugiroh, Ash bin Wail, Aswad bin Abdul Mutollib & Umayyah bin Kholaf menjumpai nabi Muhammad SAW, dan berkata : “ya Muhammad, marilah kita menyembah apa yang kau sembah dan dan kau menyembah apa yang kami sembah, dan kita saling bekerjasama dalam segala hal, dan apabila risalah yang kau bawa benar dan risalah yang kami bawa salah maka kita telah bersama dalam kebenaran itu, begitupun sebaliknya”. Maka datanglah Jibril membawa surat ini,
2. Abu Sholeh & Ibnu Abbas :
Mereka berseru kepada Rasulullah : “jika kau menyentuh (mengusap) sebagian dari berhala kami, niscaya kami akan percaya dan beriman dengan (agama) Mu”, datanglah jibril dengan surat ini
3. Ibnu Abbas :
“Kami akan berikan kamu harta yang menjadikan kamu orang yang terkaya di mekkah, dan kau boleh mengawini wanita yang kau suka, dan kami akan patuh padamu akan tetapi janganlah kau hina lagi tuhan kami, maka kita akan hidup berdampingan dan damai, dan kau menyembah tuhanku setahun akupun menyembah tuhanmu setahun”, turunlah surat ini.

قل يا أيها الكافرون، لا أعبد ما تعبدون، ولا أنتم عابدون ما أعبد، ولا أنا عابد ما عبدتم، ولا أنتم عابدون ما أعبد
Masail :
 ال 
1. للمعهود (janji), janji Allah bahwa mereka akan mati dalm keadaan kafir, dan ال ini juga mengandung.
2. Al-mawardi : lafaz umum yang mengandung makna khusus.
ayat ini sebagai jawaban bagi sebagian orang kafir yang membangkang dan menolak Islam sampai mereka mati.
 القرءات
الأنباري : sebagian riwayat membaca (قل للذين كفروا . لاأعبد ما تعبدون ), susunan ini tidak layak dalam percakapan quran.
 التكرار
1. للتأكيد : mengandung makna penguatan.
2. للتأكيد والافهام : mengandung makana penguatan dan pemahaman, seperti contoh :
Quran : كلا سيعلمون . ثم كلا سيعلمون
Hadis : فلا أذن ثم لا أذن انما فاطمة بضعة مني
Bait : ياعلقمة * خير تميم وأكرمة ياعلقمة ياعلقمة
3. للتأبيد : Selamanya
Karena semua keinginan orang kafir yang ditawarkan kepada nabi ditolak untuk selamanya
4. Pengulangan itu dikarankan orang kafir mengulangi pertanyaan itu berkali-kali
5. للتغليظ :  
"لا أعبد" الساعة "ما تعبدون. ولا أنتم عابدون" الساعة "ما أعبد"
ولا أنا عابد" في المستقبل "ما عبدتم. ولا أنتم" في المستقبل "عابدون ما أعبد"
6. ماضى و مستقبل
ولا أنتم " في المستقبل " عابدون ما أعبد. ولا أنتم" في الماضي "عابدون ما أعبد

{لكم دينكم ولي دين}
Di ayat ini mengandung makna ancaman, seperti : لنا أعمالنا ولكم أعمالكم  
yang bermakna : jika kalian ridho dengan agama kalian maka kamipun ridho dengan agama kami. Makna الدين bermakna balasan. 
Apakah ayat ini sudah di nasakh ?
1. Surat ini sudah di nasahk karena datang sebelum perintah memerangi orang kafir
2. Surat ini tidak di nasahk karna hanya berita 
القراءات
سلام,يعقوب,نصر : ولي ديني membaca dengan ditambah ي 

0 komentar:

Posting Komentar